Optimalkan Pemasukan Sewa

Optimalkan Pemasukan Sewa
  • home
Home » » Sumber Pembiayaan Investasi Properti : Dana Pinjaman Dari Keluarga/ Teman

Sumber Pembiayaan Investasi Properti : Dana Pinjaman Dari Keluarga/ Teman

Sesuai dengan keterangan pada artikel sebelumnya jika dana pribadi terbatas maka investor membutuhkan sumber dana lain sebagai leverage atau pengungkit untuk membeli properti investasi. Salah satunya adalah pinjaman dari keluarga atau teman. Kelebihan dari sumber dana ini adalah tidak ada bunga yang harus dibayar. Berapa jumlah pokok yang dipinjam investor maka sejumlah itu juga dia harus melunasinya.


Adapun kekurangannya adalah dana ini tidak bisa digunakan untuk membeli properti secara tunai, kalau berinvestasi di properti maka itu merupakan suatu investasi jangka panjang atau selamanya. Jika investor berniat untuk menjual properti investasinya di kemudian hari tentu bukan dalam waktu yang singkat. Atau jika ingin membayar pinjaman dari pendapatan sewa juga memerlukan waktu yang cukup lama agar terkumpul sejumlah uang sebanyak pokok pinjaman. Sedangkan tidak mungkin atau janggal rasanya jika pihak keluarga atau teman kita bersedia meminjamkan dana dalam waktu yang lama. Tentu suatu saat mereka meminta kembali dana tersebut jika mereka membutuhkannya.

Sumber dana ini hanya bisa dipakai untuk pelunasan uang muka pembelian secara kredit dari Bank, yang jumlahnya harus tidak terlalu besar. Karena pendapatan sewa harus dialokasikan untuk membayar cicilan ke Bank, maka investor harus mencari cara lain untuk segera melunasi pinjaman ini.


~ Be Smart Investor~

Statistic Pengunjung